Selasa, 16 Juni 2009

Kerajinan Limbah Kaca

limbah kaca

Gerabah Berpoles Limbah Kaca

Jember, Jika di sekitar anda banyak limbah kaca, tidak ada salahnya kalau anda mencoba mendaur ulang menjadi barang berguna. Seperti yang dilakukan seorang perajin di Jember Jawa Timur, yang cukup jitu memanfaatkan limbah kaca menjadi aneka hiasan rumah nan artistik. Hasilnya eksotik dan ramah lingkungan.

Kaca bekas yang ada di rumah Supardi warga desa Sidodadi Jember sudah tidak tersisa. Ia manfaatkan limbah kaca itu menjadi beragam kerajinan yang memiliki nilai ekonomis.

Caranya pun mudah. Setelah dibersihkan, kaca dipilah berdasaran warna dan jenis. Selanjutkan dipotong kecil-kecil berbentuk segi empat. Potongan kaca inilah yang selanjutnya ditempel dengan lem pada media yang akan dibentuk. Bisa gerabah atau media lainnya. Potongan kaca juga bisa dibentuk tempat tisu atau asbak rokok.Mudah bukan?

Dalam sehari, Supardi mampu menghasilkan tiga sampai lima produk. Ia jual dengan harga 15 hingga 300 ribu rupiah tergantung besar kecilnya produk serta tingkat kesulitan pembuatannya. Anda mau mencoba?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar